Dana Yang Terkumpul   
Muhamad rais bin H.M Yahya    Rp. 100.000
Endang bin nano    Rp. 50.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
saripin bin samat    Rp. 100.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
muhamad lutfi aji a.p bin joko    Rp. 500.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
Eman bin Pulan    Rp. 100.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
Total Dana Rp. 36.267.670

Berita Dan Kegiatan

Keutamaan Menunaikan Zakat

Zakat fitrah ialah kewajiban pada setiap umat muslim baik laki-laki atau perempuan, baik Bagi mereka yang berada dibawah tanggungan orang lain, maka zakatnya menjadi kewajiban penanggungnya, baik ia seorang pembantu rumah tangga, seorang dewasa, ataupun seorang kanak-kanak, bahkan bayi yang telah bernyawa. Dan juga yang masih didalam rahim, semuanya wajib mengeluarkan zakat fitrahnya, baik dari hartanya sendiri, ataupun oleh penanggung yang bertanggung jawab atasnya, yang mana pengeluarannya dilakukan pada bulan ramadhan, sebelum menginjak hari raya Idul Fitri. Manfaat zakat fitrah adalah sebagai bentuk solidaritas kepada fakir miskin, yang peduli terhadap penderitaan saudara seiman sehingga, dapat membantu saudara seiman yang lebih membutuhkan harta dan merupakan bentuk syukur kepada Allah karena telah memberikan rizki dan taufik-Nya sehingga bisa menyempurnakan puasa ramadhan.     

Allah berfirman dalam QS. Al-Baqarah [2] : 110 ` 


وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا۟ لِأَنفُسِكُم مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِندَ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

"Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan".

Sudah jelas pada ayat di atas Kita sebagai umat muslim jangan takut harta kita akan habis karena semuanya milik Allah dan ingat bahwa Allah maha melihat apa yang kita kerjakan, Allah pun akan menggantikannya dengan pahala yang berlipat ganda.

Zakat juga merupakan Syari’at Allah yang Mengandung Tarbiyyah berupa penyucian jiwa, sekaligus tarbiyyah akhlak berupa dermawan. Di antara pendidikan yang terkandung dalam syari’at Zakat adalah sikap menjauhi kebakhilan, pandai mensyukuri nikmat Allah, serta menjadi penyebab keberkahan dan terjaganya harta muzakki, baik secara maknawi maupun fakta yang nampak, dan mendidik orang yang menunaikannya agar senantiasa bertawakkal kepada Allah yang maha Pemberi rezeki. Di samping itu, zakat juga bisa merupakan sarana penopang jihad fi sabilillah.

Maka marilah kita menunaikan zakat untuk menyempurnakan puasa kita di bulan ramadhan dan menjadi hamba Allah yang selalu bersyukur.


Komentar