Dana Yang Terkumpul   
Muhamad rais bin H.M Yahya    Rp. 100.000
Endang bin nano    Rp. 50.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
saripin bin samat    Rp. 100.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
muhamad lutfi aji a.p bin joko    Rp. 500.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
Eman bin Pulan    Rp. 100.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
Total Dana Rp. 36.267.670

Berita Dan Kegiatan

Keunggulan Wakaf

Sedekah dengan cara berbagi makanan pada fakir miskin dan juga berwakaf keduanya adalah amalan yang sangat luar biasa karena dapat membantu orang yang lebih membutuhkan. sebab sesungguhnya sebaik-baiknya manusia adalah ketika dia bisa bermanfaat untuk orang lain. Namun tahukah sahabat sekalian ada beberapa keunggulan wakaf dibandingkan dengan sedekah?

Mari kita ambil contoh, misalkan kita membagi-bagikan makanan pada seratus orang fakir miskin, itu memang salah satu perbuatan mulia dan sangat besar ganjaran pahalanya, namun lambat laun makanan itu pasti akan habis dan tidak ada lagi pahala yang dapat diterima oleh orang yang bersedekah tersebut.

Berbeda dengan orang yang memilih untuk berwakaf, misalkan kita mewakafkan sarana pendidikan seperti sekolah untuk anak-anak kurang mampu, walaupun kita hanya ikut andil dengan berwakaf 200 ribu akan tetapi apabila uang tersebut dikelola oleh lembaga wakaf secara benar serta bangunan bisa bermanfaat untuk seluruh anak-anak dalam menimba ilmu disitulah limpahan pahalanya akan terus-menerus mengalir pada orang yang ikut berwakaf tadi selagi bangunan sekolah itu masih difungsikan dan bermanfaat bagi banyak orang.

Sahabat wakaf sekalian ada beberapa keunggulan wakaf dibandingkan dengan sedekah diantaranya :

1. Pahala yang akan senantiasa terus mengalir walaupun si pewakaf sudah meninggal dunia.

"Apabila anak Adam meninggal dunia maka terputuslah segala amalanya kecuali tiga perkara, sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak sholeh yang mendoakanya (HR Muslim)"

2. Pemanfaatanya lebih lama.

Kita ambil contoh perbedaan sedekah dan wakaf dengan seseorang yang memberi kue dan orang yang memberi alat untuk membuat kue nya. Kue memang bermanfaat bisa untuk mengganjal perut yang lapar, namun pasti akan cepat habis karena dimakan, sedangkan alat untuk membuat kue masih dapat bermanfaat untuk menghasilkan kue per hari jika kita membuatnya.

3. Barang yang di wakafkan tidak cepat habis.

keunggulan wakaf lainya adalah barang yang diwakafkan tidak akan habis dikonsumsi karena barang tersebut "ditahan" dan hanya diambil manfaatnya untuk banyak orang.

4. Jangkauan amal lebih banyak.

maksud disini adalah uang ataupun barang yang dijadikan benda wakaf manfaatnya lebih mencakup banyak orang. Misalkan wakaf masjid dan rumah sakit, tentunya itu akan sangat bermanfaat untuk banyak orang karena tempatnya terus-menerus ada dan tidak menjadi hak milik pribadi. [Nandang]

Komentar