Dana Yang Terkumpul   
Muhamad rais bin H.M Yahya    Rp. 100.000
Endang bin nano    Rp. 50.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
saripin bin samat    Rp. 100.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
muhamad lutfi aji a.p bin joko    Rp. 500.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
Eman bin Pulan    Rp. 100.000
Endang bin nano    Rp. 100.000
Total Dana Rp. 36.267.670

Berita Dan Kegiatan

Berjihad dengan Harta

Banyak orang beranggapan bahwa jihad adalah ketika seseorang berperang mengangkat senjata dan berjuang melawan musuh demi membela agama, namun jika kita telaah lebih dalam arti jihad  juga bisa di katakan adalah ketika seorang muslim mampu memerangi jiwa dan hatinya agar tidak terjerumus ke dalam jalan yang sesat juga mampu dalam hidupnya berkorban jiwa dan raga baik dalam bentuk  tenaga,ilmu maupun harta demi kesejahteraan banyak orang itu juga bisa dikatan jihad di jalan Allah swt. Disini mari kita ambil contoh  jihad dengan mengorbankan sebagian harta yang kita miliki.

Merupakan suatu fitrah bahwa manusia memerlukan harta demi memenuhi kebutuhan hidupnya terutama yang bersifat pokok seperti kebutuhan akan sandang, papan, dan pangan.

Dalam hal ini  agama islam juga memberikan penghargaan kepada seorang hamba yang bekerja demi memenuhi kebutuhan keluarganya dengan pahala yang besar. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW "Sesungguhnya Allah mencintai hambaNya yang bekerja. Barang siapa yang bekerja keras mencari nafkah yang halal untuk keluarganya maka sama dengan mujahid di jalan Allah (HR Ahmad)."

Walaupun manusia berusaha keras untuk mendapatkan harta, namun sebagai umat muslim kita harus mengetahui tentang kedudukan dan fungsi harta dalam Islam. Allah swt berfirman dalam (QS.As-Shaf :10-11) Yang artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, maukah kamu Aku tunjukan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih ? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan rasulNya serta berjihad dijalan Allah dengan harta dan jiwamu. itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahuinya"

Ayat diatas menegaskan bahwa berjihad dengan harta yaitu membelanjakan harta benda untuk kepentingan bersama guna diambil manfaatnya, seperti untuk mendirikan mesjid, sekolah, rumah sakit dan kepentingan umum lainnya, salah satunya nyaitu bisa dengan berwakaf. Tidakkah kita ingin membela agama Allah dan berjuang sama-sama  membangun serta memujudkan sebuah karya yang Allah Ridhoi di bumi tercinta kita ini? Maka dari itu marilah semuanya kita berjihad membela agama Allah swt dengan berwakaf menggunakan harta yang kita miliki, bukankah ketika zaman Rosulullah saw  jihad bukanlah hanya dengan berperang saja melainkan dengan merelakan semua harta kekayaannya untuk di korbankan demi kepentingan dan kemanfaatan bersama. Semoga dengan jihad di jalan Allah  kita mendapatkan surganya kelak amin.

Nandang


Komentar